Morfologi adalah

Morfologi adalah

morfolofi via akutidakjugakau.blogspot
Sobat muda, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya; saya akan membahas ilmu bahasa, lanjutan dari artikel mempelajari ilmu bahasa, khususnya ilmu bahasa Indonesia. Salah satunya adalah morfologi. Morfologi merupakan kajian bahasa yang mempelajari seluk-beluk kata.

Seperti contoh dan penjelasannya berikut ini:

Di samping kata sepeda terdapat kata bersepeda, sepeda-sepeda, sepeda motor; di samping kata rumah, terdapat kata berumah, perumahan, rumah-rumah, rumah-rumahan, rumah sakit.

Dari kata-kata tersebut dapatlah dikemukkan bahwa kata dalam bahasa Indonesia mempunyai berbagai bentuk. Kata sepeda terdiri dari satu morfem (satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna), sama halnya dengan kata rumah.

Kata bersepeda terdiri dari dua morfem, yaitu morfem ber- sebagai afiks (imbuhan), dan morfem sepeda sebagai bentuk dasarnya. Demikian pula kata berumah, terdari dari dua morfem, yaitu morfem ber- sebagai afiks, dan morfem rumah sebagai bentuk dasarnya.

Kata rumah-rumah dan sepeda-sepeda terdiri dari dua morfem, yaitu rumah sebagai bentuk dasar, diikuti morfem rumah sebagai morfem ulang. Demikina pula kata sepeda-sepeda, terdiri dari dua morfem, ialah morfem sepeda sebagai bentuk dasar, dan diikuti morfem sepeda sebagai morfem ulang.

Kata sepeda motor terdiri dari dua morfem, yaitu morfem sepeda dan morfem motor, yang masing-masing merupakan kata. Demikian pula dengan kata rumah sakit.

Kata perumahan terdiri dari dua morfem, yaitu morfem per-an sebagai afiks dan morfem rumah sebagai bentuk dasar.

Kata rumah-rumahan terdiri dari tiga morfem, yaitu morfem rumah sebagai bentuk dasar, diikuti morfem rumah sebagai morfem ulang dan morfem –an sebagai afiks.

Dari penjelasan diatas, pembahasan mengenai perubahan-perubahan bentuk kata menyebabkan adanya perubahan  golongan dan arti kata. Golongan kata sepeda tidak sama dengan golongan kata bersepda.

Kata sepeda termasuk golongan kata nominal (kata benda), sedangkan kata bersepeda termasuk golongan kata verbal (kata kerja). Demikian pula golongan kata rumah, misalnya dalam kalimat Rumah itu dijual. Berbeda dengan golongan kata berumah. Kata rumah termasuk golongan kata nominal, sedangkan kata berumah termasuk golongan kata verbal.

Sedangkan di bidang arti, kata-kata sepeda, bersepeda, sepeda-sepeda, dan sepeda motor, semuannya mempunyai arti yang berbeda-beda. Sama halnya dengan kata-kata rumah, berumah, perumahan, rumah-rumah, rumah-rumahan, dan rumah sakit, setiap katanya memiliki arti yang beragam.

Perbedaan golongan dan arti kata-kata tersebut tidak lain disebabkan oleh perubahan bentuk kata. Karena itu, maka morfologi di samping bidanya yang utama meyelidiki seluk-beluk bentuk kata, juga menyelidiki kemunngkinan adanya perubahan golongan dan arti kata yang timbul sebagai akibat perubahan bentuk kata tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau yang mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata, atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa  morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik

Sekian pembahasan dari saya. semoga bermanfaat. 


sumber:
  • buku morfologi, suatu tinjauan deskriptif karya M. Ramlan
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Morfem


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silakan berkomentar dengan santun, inspiratif dan tidak mengandung SARA...mari saling menginspirasi